14
tahun era
reformasi
Salam Mahasiswa, Salam Rakyat Indonesia !!
Tidak terasa Perjalanan reformasi bangsa kita indonesia telah berusia 14 tahun. Dalam usia yang tidak bisa dikatakan muda lagi, sangat banyak kasak kasuk, carut marut sistem pemerintahan negara tumpah darah Indonesia. Sebenarnya apa yang tlah terjadi pada moral para pemimpin pilihan rakyat itu ?!!.

Kilas balik reformasi 1998 merupakan sebuah gerakan tanpa agenda. Gerakan reformasi bahkan tidak punya pemimpin, meski ada sejumlah tokoh yang muncul pada saat itu. ketiadaan agenda membuat para pelaku reformasi linglung. Setelah Soeharto yang dijadikan “musuh bersama” dan “target operasi” sudah tidak ada lagi, lantas apa?. Pada saat itu sebagian mahasiswa mencoba menjadikan penerusnya yaitu Wakil Presiden B.J. Habibie sebagai target berikutnya. Tak semua sependapat. Hanya sehari setelahnya, para pendukung Habibie dan penentangnya langsung bentrok di Gedung MPR/DPR yang masih diduduki mahasiswa. Untunglah bentrokan itu tidak sampai berujung pada kerusuhan.

Agenda yang ada sebenarnya merupakan satu bentuk keprihatinan rakyat secara umum. Salah satunya adalah pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang populer disingkat KKN. Sayangnya, untuk yang satu ini kita melihat yang terjadi bukan pemberantasan, tapi malah pemerataan. Bila dulu KKN terpusat di “penghuni Cendana”, kini malah merata hingga ke level terbawah pemerintahan. Pembentukan berbagai institusi termasuk KPK dan Pengadilan Khusus Tipikor masih belum bisa maksimal. Salah satu sebabnya justru karena para pelaku KKN kini tumbuh subur, seolah mereka melakukan kaderisasi. Sehingga mafia berbagai bidang terus merajalela. Reformasi lebih berupa pergantian rezim penguasa belaka. Dengan aneka praktek menyimpang yang merugikan negara dan rakyat masih awet dipelihara.

Akan tetapi, reformasi bukannya tak punya hasil. Kebebasan berekspresi termasuk melalui media massa juga mengalami kemajuan pesat. tidak ada lagi batasan mendirikan media massa. Penutupan media massa atau lazim dikenal dengan breidel oleh pemerintah tidak ada lagi. Media massa di Indonesia menjadi salah satu yang paling bebas di dunia. Pemilihan umum langsung juga mewarnai kehidupan bangsa. Setiap kepala pemerintahan mulai dari tingkat dua sampai presiden dipilih langsung, demikian pula dengan anggota legislatif di semua tingkatan.
Mengingat kembali apa yang menjadi tuntutan rakyat di tahun 1998, berikut adalah daftar tuntutan perjuangan Keluarga Besar Seluruh MAHASISWA pada pemerintah:
1. Turunkan harga dan atasi kemiskinan

2. Atasi pengangguran dan buka lapangan kerja

3. Hentikan pemerasan dan penindasan terhadap rakyat

4. Kembalikan kedaulatan kepada rakyat

5. Laksanakan segera Sidang Istimewa MPR

6. Ganti pimpinan nasional

7. Mahasiswa, rakyat, ABRI bersatulah!
14 tahun era REFORMASI telah bergulir. Dan hanya butir ke-5 dan ke-6 saja yang baru terwujud. Walau sekarang indonesia tanah tumpah darah kita masih dibasahi oleh air mata janda dan yatim piatu terbujur kaku menggali kubur sendiri, masih ada harapan jika rakyat memilih pemimpin yang tidak terkait lagi dengan masa lalu. Semoga pemimpin itu bisa mengambil keputusan secara obyektif untuk rakyat bangsa dan negara...Amiiin.



Original Posted: Naturalzine

35 comments

kayaknya pertamax nih :D

May 24, 2012 at 7:31 AM

sobat@A-NX: ye laaa sobat,, artikelnya baru launcing,,hahahahaha

May 24, 2012 at 7:48 AM

udah ga jelas masa reformasi ini beh

May 24, 2012 at 8:14 AM

sobat@Ahmad Rizal Samsi: benar sobat,, udah makin salah jalan

May 24, 2012 at 8:38 AM

Sayang ya sob, reformasi dibuat dengan tujuan yg baik dan niat yg bagus, BUT, pelaksanaannya kurang begitu.... gimana gitu...., hehehe....

May 24, 2012 at 8:39 AM

dan juga salah arah.... dan mungkin juga salah mengerjakan

May 24, 2012 at 8:46 AM

merdekaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!

May 24, 2012 at 8:48 AM

sobat@Fahri Samudra : benar sobat, karena didalam pelaksanaanya masih ada orang tua-orang tua dulu :)

Sobat@Ahmad Rizal Samsi: iya benar sekali, dan bukan mungkin, tapi emang udah salah :D

May 24, 2012 at 8:48 AM

@Fahmi Setiawan: belom merdeka ya ??? aahahahahaha

May 24, 2012 at 9:10 AM

bro! msh brntakan gak potku, lhtkn donk,

May 24, 2012 at 9:16 AM

Pemuda Indo lah yang membawa kita ke dalam masa Reformasi yang saat ini kita nikmati? :)

May 24, 2012 at 9:32 AM

Hhhmmm... Inilah kelemahannya, reformasi akan berjalan sesuai harapan jika moral individu Indonesia baik dan mulia

May 24, 2012 at 9:33 AM

Yaaaa.... Aku sih agak nggak mudeng soal ginian, tapi aku setuju sama postingan ini nih, semua tergantung pada pribadi masing-masing, yag seharusnya dapat mencapai cita-cita reformasi, bukan malah membuatnya semakin tercoreng

May 24, 2012 at 9:44 AM

@Ady Blink: udah mnatap :D

@The7Bloggers: benar sobat, para pemuda mahasiswa dan rakyat :D

@Fahri Samudra: Amiiin sobat :)

@Simsalabim Ica Marisa: yups, tepat sekali,, reformasi melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik, bukan untuk menjadi lebih bobrok, tapi ya gitu deh para bapak dan buk dewan sekarang,,hehehehehe

May 24, 2012 at 10:35 AM

belum berhasilnya sebuah reformasi, mungkin masih ada komponen-komponen yang belum siap untuk itu

May 24, 2012 at 10:46 AM

sobat@win3: karena masih ada orang2 lama yang memegang kekuasaan,jika sudah dibuta kekuasaan,sampai kapan pun tidak akan siap..hehe

May 24, 2012 at 12:03 PM

Temen saya bilang, reformasi itu siasia belaka. Korupsi masih merajalela, dinasti kekuasaan blm selesai, yaaah gitu deh. But don't worry, harapan itu masih ada :) Insya Allah.

May 24, 2012 at 12:16 PM

. . emmmmmmmmmmmmmmmmmmm,, . .

May 24, 2012 at 12:33 PM

Masih banyak orang lama dan mereka juga mengkader orang baru untuk jadi seperti mereka. Sepertinya solusi untuk itu hanyalah potong satu generasi di semua birokrasi. Pensiun disini itu semua orang warisan orba, mungkin akan lebih baik. :)

May 24, 2012 at 2:15 PM

kLO BGNI BANGSA KITA SEBENARNYA BLM BISA DI KATAKAN merdeka ....

May 24, 2012 at 3:56 PM

Mudah2an jangan hanya jadi hari peringatan..

May 24, 2012 at 3:57 PM

nice,, bin keren..

May 24, 2012 at 6:06 PM

@diniehz: amiiiin mbak :)

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: hmm

@Harmony Magazine: benar sobat, mareka itu makin tu makin lucu,,,hahahahahha

@Gerald Assa: belum sob :D

@Didin Supriatna: gw masih newbie sob, belum bisa di bilang keren :D

May 24, 2012 at 7:42 PM

sobat@I Love Indonesia: mudah2an aja sobat :)

May 24, 2012 at 7:53 PM

Reformasi dalam korupsi .hehehhe

May 24, 2012 at 7:58 PM

sobat@Yuyud: mau gimana lagi kapten,, sudah terjadi,,hahahaha

May 24, 2012 at 7:59 PM

saatnya revolusi bukan reformasi! reformasi gak cocok lagi dengan pemerintahan yg lempem gini

May 24, 2012 at 8:20 PM

@randy: tinggal nunggu waktu aja mahasiswa bergerak kembali,hehehehehe

May 24, 2012 at 11:16 PM

keren artikelnya ini, jadi inget dulu semasa jadi aktifis (sok aktif)hehehe

May 25, 2012 at 12:08 AM

jelek-jelek gini saya termasuk bagian yang ikut mengangkat bendera saat itu..semangat berapi-api masih terasa bila mengenang 14 thn yang lalu di Bandung, bersama seluruh elemen negeri berkumpul digedung sate bandung, menuntut hak rakyat dikembalikan...teriakan MERDEKA menggelembung didada...tapi apa dinyana...bila akhirnya seperti ini...proses kita masih sangat panjang, 14 thn belum cukup.
M E R D E K A..

May 25, 2012 at 2:17 AM

sobat@Aulawi Ahmad: semangat memperjuangkan yang menjadi hak :D

sobat@desa cilembu: M E R D E K A sobat.. salut deh untuk mahasiswa '98

May 26, 2012 at 2:49 AM

Amin Ya Robbal Alamin... Semoga bisa segera Terwujudkan Sob!!
Karena Rakyat Indonesia sudah Muak dengan Janji2 yang tak pasti....
Hanya perlu Bukti Nyata untuk membawa Indonesia seperti yang diCita-citakan!!!
^_^

May 26, 2012 at 5:13 PM

sobat@Ayas: makanya sobat, kalau pemilu jangan sembarang coblos karena udah dikasih uang.. pada ujungnya mereka malah mencuri uang rakyat untuk menutupi uang di kasih tadi.,,heeehehe

May 27, 2012 at 10:50 AM

salam blogger..salut sama postingannya..namun byk hal yg harus kita pelajari stlh reformasi ini..

May 27, 2012 at 10:57 AM

sobat@WeBlog Ask: salam bloger sobat,, benar sob, banyak yang harus kita pelajari dan jadikan pengalaman untuk kedepan tentang reformasi :)

makasih sob sudah berkunjung :D

Post a Comment

2012 ©Copyright and Modified by Naturalzine - Template by : Urangkurai

Viewed On Mozila Firefox 11.0 - Chrome and UPGRADE YOU BROWSER If You Want Read Posts