Geisha
Geisha merupakan seniman-penghibur (entertainer) tradisional Jepang. Kata geiko digunakan di Kyoto untuk mengacu kepada individu tersebut. Geisha sangat umum pada abad ke-18 dan abad ke-19, dan masih ada sampai sekarang ini, walaupun jumlahnya tidak banyak. Di Kansai, istilah "geiko" dan geisha pemula "maiko" digunakan sejak Restorasi Meiji. Istilah "maiko" hanya digunakan di distrik Kyoto.

Pengucapan "gadis geisha" umum digunakan pada masa pendudukan Amerika Serikat berada di Jepang.

Geisha belajar banyak bentuk seni dalam hidup mereka, tidak hanya untuk menghibur pelanggan tetapi juga untuk kehidupan mereka. Rumah-rumah geisha ("Okiya") membawa gadis-gadis yang kebanyakan berasal dari keluarga miskin dan kemudian melatih mereka. Semasa kanak-kanak, geisha seringkali bekerja sebagai pembantu, kemudian sebagai geisha pemula (maiko) selama masa pelatihan.

Geisha itu bukan wanita penghibur, PSK, ataupun ladies Escort yang bisa dibawa tidur oleh kaum adam, tetapi justru awal mulanya mereka ada karena tuntutan karir dan zaman bahwa wanita bisa juga sebagai entertainer.

Setelah 100 tahun sejak Geisha ada , ketidakpastian mengenai Keberadaan Geisha sendiri mulai bergeser sedikit demi sedikit. Di Jepang banyak sekali kaum adam saat itu (suami) yang tidak puas dengan rumah tangganya, karena kehebatan Geisha yang bisa menghibur, menari, melawak dan menyanyi maka tidak heran banyak kaum para suami/lelaki yang ingin mencari Geisha sebagai pasangan hidupnya.Dan inilah salah satu contoh pergeseran Geisha yang tadinya mereka adalah entertainer sejati menjadi buruan kaum adam yang sifatnya hanya pelarian dari kenyataan hidupnya.
Pakaian/Tata Busana Geisha Ditahun 1930 bagaikan supermodel, cantik, anggun, mempunyai tubuh yang seksi dan juga masih menghormati adat istiadat kuno jepang. Dan uniknya wanita Geisha sangat menutupi bagian auratnya yang bisa mengundang nafsu kaum adam, ini terlihat dari pakaian para geisha (kimono). Dan yang terbuka hanya bagian leher belakang yang berbentuk V. semakin panjang bentuk V-nya kebawah berarti sang Geisha semakin provokatif dan agrisive.

Memakai Kimono tidak semudah yang kita bayangkan, baju kimono memiliki 12 lapisan. dan itu harus sesuai dengan masing-masing setelannya. Jadi tidak heran jika membutuhkan waktu 1 jam lebih untuk para geisha memakai kimono ditambah lagi si wanita harus menyesuaikan gerakannya.

Untuk menentukan Geisha Muda dan Geisha Senior, kita bisa melihat pada warna kerahnya. jika warna kerahnya Merah berarti Geisha Muda, dan jika kerah warna putih berarti Geisha Senior Soal Rambut, Geisha kadang memakai wig atau juga rambutnya di bentuk dengan cara me-wax agar lebih mengembang. dan yang perlu dihindari adalah terlalu sering mencuci rabut ataupun menyisir rambutnya yg bisa mengakibatkan kerontokan rambut ataupun ramput tidak dapat mengembang.

Seorang calon geisha harus menjalani pelatihan seni yang berat selagi usia dini. Berlatih alat musik petik shamizen yang membuat calon geisha harus merendam jarinya di air es. Berlatih alat musik lainnya juga seperti tetabuhan kecil hingga taiko. Berlatih seni tari yang menjadi kunci kesuksesan seorang geisha, karena geisha papan atas umumnya adalah penari, tari Topeng Noh yang sering dimainkan oleh geisha dihadirkan bagi masyarakat kelas atas berbeda segmennya dengan pertunjukkan Kabuki yang lebih disukai rakyat jelata.

10 comments

May 25, 2012 at 9:01 AM

Aku kira ini Geisha yang grup band itu haha

May 25, 2012 at 9:28 AM

ntar deh, dipostingin,,hahahahaha

May 25, 2012 at 11:07 AM

ehhh sy kira geisha grupband wkwkwk

May 25, 2012 at 3:41 PM

. . kayak nya geisha itu niru ini ya?!? he..86x . .

May 25, 2012 at 7:36 PM

@Rizal: hahahahaha,, kenak jebak kesannya ya,,hihihihihi

@VPie: kurang tau juga, lupa nanyain ni :p

May 26, 2012 at 2:44 AM

Owalaaah.. kirain Band Paporite Ayas, Ups salah!!
^_^
Kalo ini siy, Ayas udah pernah Nonton Sob!
Selain Ceritanya Mantaaaff bangeet juga mengandung pesan moral bahwa Geisha itu tak seperti anggapan banyak Orang yang Negativ.

May 26, 2012 at 5:11 PM

sobat @Ayas: bener sobat, Geisha itu seorang seniman, mungkin karena di film² Geisha itu imagenya dibuat jadi ngak baik, jadilah negative dipandangan orang-orang :D

Wah kirain Geisha itu grup band itu....? :) hehehhehehe ternyata bukan tohh.... Gambarnya mengerikan mas brong....? :)

May 27, 2012 at 10:28 AM

. . yachhhhhhhhhhhhh,, tanyain donk. he..86x . .

May 27, 2012 at 11:00 AM

sobat@The 7Bloggers: ngeri gimana sob,, udah cuantiiiiik banget tu..wkwkwkwkwkwkwkwk

@vpie: waduuh,, keburu ilang orangnya,,kwokwokowkowkwo

Post a Comment

2012 ©Copyright and Modified by Naturalzine - Template by : Urangkurai

Viewed On Mozila Firefox 11.0 - Chrome and UPGRADE YOU BROWSER If You Want Read Posts