a
z
z
Musik Jazz lahir di Amerika Serikat tahun 1868. Hal itu ditulis oleh para peneliti sejarah jazz dan yang telah disepakati oleh berbagai pihak. Walaupun musik jazz lahir di Amerika Serikat, namun kini jazz bukan lagi hanya milik bangsa Amerika, melainkan sudah menjadi sebuah warna musik yang dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia.

Awalnya, musik jazz lahir dengan dasar Blues. Kemudian pada sekitar tahun 1887 mulai dikenal bentuk Rag Time, yang pada waktu itu berupa permainan piano di bar- bar. Blues dan Rag Time berkembang menjadi Boogie - Woogie. Bentuk-bentuk tersebut selain merambah pada jalurnya sendiri, juga berkembang menelusuri perjalanan musik jazz.

Para peneliti musik mengemukakan, bahwa bentuk musik jazz yang berkembang dari zaman ke zaman sampai bentuk jazz yang ada saat ini, adalah bentuk musik jazz yang terdapat sekitar tahun 1915 - 1917. Pada masa itu, para negro di kota New Orleans, AS memainkan musik jazz yang memiliki corak yang khas, sehingga dikenal sebagai Jazz New Orleans. Para musisi jazz New Orleans, menyajikan penampilan mereka di bar, rumah judi, bahkan tempat-tempat pelacuran yang di masa itu sangat tumbuh subur di New Orleans.

Karena dianggap mengurangi perhatian masyarakat terhadap pemerintahan dan banyak terjadinya tindak kriminal, maka pada tahun 1917 tempat hiburan hampir di seluruh New Orleans ditutup. Musik Jazz lalu berkembang keluar dari kota New Orleans.

Para musisi jazz yang berasal dari New Orleans mulai membawa musik jazz menelusuri sungai Mississippi, terus ke arah utara hingga sampai di Detroit. Di tahun 1920-an musik jazz telah berkembang di New York, Chicago, Memphis dan kota-kota besar di Amerika Serikat hingga akhirnya meluas ke seluruh dunia hingga saat ini.

Sumber lengkap: id.wikipedia.org

27 comments

May 10, 2012 at 4:36 AM

Music jazz ini enak di dengerin sobat... saya suka music Jazz

May 10, 2012 at 4:45 AM

sobat@Asis Sugianto: saya juga sangat suka musik jazz, musik yang dimainkan tanpa ada sesion latihan sedit pun, mengalir begitu saja :D

May 10, 2012 at 8:25 AM

begitu ya sejarahnya......, bagus mas

May 10, 2012 at 8:34 AM

bagus sob postingnya..
tp ane lbih suka ama musik Metal sob, hehe

May 10, 2012 at 8:53 AM

jago amat sotoshopnya >,<

May 10, 2012 at 8:58 AM

wah..saya tak tahupun sejarah musik jazz ni, musik jazz pun saya tak tahu nak diketagorikan. perlu curi masa untuk hayati musik jazz ni, nanti baru tahu iramanya seperti apa :p

hanya sekadar dengar tak pernah hayati tentang musik, jadi buta musiklah aku ni. thanks for sharing at least sedikit sebanyak aku tahu sejarahnya musik jazz ini...

May 10, 2012 at 11:17 AM

mksih infonya sob...

May 10, 2012 at 11:22 AM

Wahhh, maaf saya kurang bisa menikmati kalau musik jazz..hehehe

May 10, 2012 at 12:38 PM

jazz musik yg ane suka dari dulu, tapi dengan bnyk-nya lagu melayu ane jarang dengerin jazz lagi hhe

May 10, 2012 at 2:12 PM

oh.. jadi gitu yah.. :D

*Keep Blogging and visit back ya.. :D

May 10, 2012 at 2:13 PM

oh.. jadi gitu yah.. :D

*Keep Blogging and visit back ya.. :D

May 10, 2012 at 2:17 PM

sobat @win3: sama-sama mas :)

sobat @A-NX Blog: sip deh sobat, ntar ane pasang musik metal :D

@Fahmi: masih amitiran gw ni ,,hehehehehehe

Mbak @Nita Abas: postingannya mengulas sedikit sejarah musik jazz aja mbak :D

sobat @Miftachudin: sama - sama sobat :)

sobat @Ririe Khayan: postingnya hanya untuk mengingat sejarah musik jazz aja sob, kalau urusan selera, itu tergantung mood masing-masing,,hehehehe

sobat @Aldio: hahahaha,, musik emang suka berubah-berubah tergantung mood kita sob, makanya musik ada banyak warna :D

May 10, 2012 at 2:20 PM

sobat @USOFT: segera meluncur :D

May 10, 2012 at 2:43 PM

. . ouwwwwwwwwwwwwwwwwwww,, baru tau aq. he..86x . .

May 10, 2012 at 2:50 PM

singgah dulu ah ke blog sobat yang keren :D

May 10, 2012 at 3:14 PM

@Vpie: sip deh, nambah lagikan secuil sejarah musik,,,hohohohoho

@Pangerankodok: sobat terlalu berlebihan, masih belajar-belajar juga kok,, thanks sobat ,,hehe

May 10, 2012 at 4:41 PM

Kualitas gambarnya kurang masih kurang sip mas, agak pecah"
mau dong linknya ditaro di 10 Top Link sahabat...
tapi kalo boleh saran Top sama Terbaik sama, lebih baik dipakai salah satu saja
dan Naturalzine dihapus karena pengunjung sudah tau kalo ini blog ente
udah sih segitu aja sarannya

May 10, 2012 at 4:55 PM

hip hop dong!

May 10, 2012 at 5:57 PM

AKu gak begitu ngerti tentang musik haha XD
Baca ini jadi nambah wawasan deh yahaa :D

May 10, 2012 at 6:10 PM

Siip deh. Baru tau saya sob. Makasih sudah share.

May 10, 2012 at 6:25 PM

Kalau saya gak terlalu suka sob ma Musik Jass. Saya sukanya ma Musik Hip Hop dan R&B... Anak dugem gitu. Hehehe

May 10, 2012 at 7:39 PM

Sobat RzaaL 1306: kalau saya tinggikan kualitas pixel gambarnya, takut loading blog bisa berat (lama) untuk mendownload gambar tersebut, makanya sengaja ngeset pixelnya rendah :)..10 top link ya sobat, survei dulu ya sobat (sori sobat).. makasih sobat untuk sarannya, segera ane terapkan :D

Sobat Muhammad Taqi: tungguin aja deh, lagi cari ide layout yang cocok :D

Sobat Lulu Syifa Fauziah: gak apa-apa lulu,,itu bukan suatu tuntutan kok,,hehehehe,,sip deh lulu :)

Sobat Yuyud: oke sob :)

Sobat Master Software Mobile: hahahaha,, cuma untuk nambah pengetahuan aja, soal selara itu hak merdeka orang-orang,, hehehehehe

May 10, 2012 at 9:48 PM

Loading alam mah gpp asal hasil yang memuaskan :D

May 10, 2012 at 11:46 PM

Katanya Jazz itu musik orang intelek apa ya ya?

May 11, 2012 at 12:42 AM

sobat @RzaaL 1306: waduh,, kalau loading blog lambat, ane gak masukin dalam kamus, karena modem gw raja dari segala raja siput :D

sobat @randy: kalau menurut gw sih sob, musik orang intelek itu musik clasik, tapi kalau musik jazz itu gak tau juga sob.. tapi intelek atau gak intelek, itu bukan dari jenis musik. kata senior kampus gw sih, jadi orang itu jangan pinter, tapi pinter-pinter.hahahahhahaha

May 11, 2012 at 12:47 PM

Huwee... ini neh Musik yang membutuhkan "kepekaan telinga dan perasaan" untuk bisa menikmatinya!!
Hweheheee...

May 11, 2012 at 9:36 PM

sobat@Ayas: benar sobat, musik yang unik dengan irama yang unik pulak,,hehehehhehe

Post a Comment

2012 ©Copyright and Modified by Naturalzine - Template by : Urangkurai

Viewed On Mozila Firefox 11.0 - Chrome and UPGRADE YOU BROWSER If You Want Read Posts