Pacaran
Itu
??!!
Zaman sekarang ini, pacaran menjadi suatu fenomena penting bagi kaula muda. Persoalan yang di bicarakan tidak jauh berhubungan dengan hal hal yang berbau cinta. Status jaringan sosial pun tidak letih menerima curhatan tentang si do’i. Ketemu teman khusus buat curhat masalah hati. Mungkin fenomena ini sebagai akibat dari pengaruh kisah-kisah percintaan dalam roman, novel, dan film. Sehingga terkesan bahwa hidup di masa remaja memang harus ditaburi dengan bunga-bunga percintaan, kisah-kisah asmara, harus ada pasangan tetap sebagai tempat untuk bertukar cerita dan berbagi rasa.

Sebenarnya jika ditanya untuk apa pacaran? Kira-kira tahu engga atau ada yang bisa memberikan jawaban yang pasti kenapa harus punya pacar, dan buat apa pacaran.

Seharusnya Pacaran merupakan proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan.

Masa zaman milenium ini banyak yang mulai salah mengartikan proses perkenalan, bagaimana menjalaninya dan untuk apa tujuannya. Sehingga tidak sedikit pasangan yang “salah berbuat” dan merugikan banyak orang. Karna sudah sangat sering dibahas jika seorang wanita yang sudah mulai mengalamai menarche (haid pertama) dan seorang lelaki yang sudah mendapatkan mimpi basah maka dorongan seksual sudah semakin besar, misalkan ketertarikan terhadap lawan jenis dan keinginan untuk selalu berdekatan dan ingin disayang.

Bagaimana kejadiannya jika seorang wanita dan lelaki dewasa menjalin hubungan dengan dalih berpacaran?Pertama rasanya memang nikmat, hati berbunga-bunga, yang diinget cuma do’i, pengen selalu berdua, mau makan inget si dia, waktu tidur mimpi si dia. Bahkan orang yang lagi jatuh cinta itu rela mengorbankan apa saja demi cinta, rela melakukan apa saja demi cinta, semua dilakukan agar do’i tambah cinta. Sampai akhirnya, Cinta pun tidak seindah yang diharapkan, menagis saat disakiti, galau saat di khianati, minum baygon saat diputusin, dukun bertindak saat cinta di tolak. bahkan terkadang mereka yg menyatakan dirinya pacaran, sampai mengalami hal yg seharusnya masih diluar batasan mereka. Bayangkan, disaat mereka harus mencabut hak seorang manusia untuk lahir dan memanggilnya “ibu” saat dia besar. Tidak sedikit lho berita yang menyajikan fenomena lahirnya anak diluar nikah dan besarnya tingkat aborsi pertahun.

Sudah banyak gambaran kehancuran moral akibat pacaran, atau pergaulan bebas yang telah terjadi akibat science dan peradaban modern (westernisasi). Islam sendiri tidak kalah canggihnya memberi penjelasan mengenai berpacaran. Pacaran menurut Islam sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Apabila seorang di antara kamu meminang seorang wanita, andaikata dia dapat melihat wanita yang akan dipinangnya, maka lihatlah.” (HR Ahmad dan Abu Daud).

Namun Islam juga, jelas-jelas menyatakan bahwa berpacaran bukan jalan yang diridhai Allah, karena banyak segi mudharatnya. Setiap orang yang berpacaran cenderung untuk bertemu, duduk, pergi bergaul berdua. Ini jelas pelanggaran syari’at. Terhadap larangan melihat atau bergaul bukan muhrim atau bukan istrinya. Sebagaimana yang tercantum dalam HR Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas yang artinya: “Janganlah salah seorang di antara kamu bersepi-sepi (berkhalwat) dengan seorang wanita, kecuali bersama dengan muhrimnya”. Tabrani dan Al-Hakim dari Hudzaifah juga meriwayatkan dalam hadits yang lain: “Lirikan mata merupakan anak panah yang beracun dari setan, barang siapa meninggalkan karena takut kepada-Ku, maka Aku akan menggantikannya dengan iman sempurna hingga ia dapat merasakan arti kemanisannya dalam hati”.

Sekarang kembali kepada diri masing-masing. Bagaimana kita dapat mengartikan arti proses pengenalan itu sendiri. Memilah baik dan buruk untuk kepentingan kita sebagai seorang insan yang mempunyai hak dan kewajiban terhadap agama. Pada hakikatnya semua telah di atur oleh Allah SWT. Manusia hanya diperintahkan berusaha untuk mendapatkan jodoh yang baik untuk hidupnya. Tercantum dalam Al Qur’an: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)."

Seharusnya peran orang tua sangat penting dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya terutama yang lebih menjurus kepada pergaulan dengan lain jenis. Adalah suatu keteledoran jika orang tua membiarkan anak-anaknya bergaul bebas dengan bukan muhrimnya. Oleh karena itu sikap yang bijak bagi orang tua kalau melihat anaknya sudah saatnya untuk menikah, adalah segera saja laksanakan.

Original Posted By: Naturalzine and Risda (my real friend)

19 comments

May 10, 2012 at 8:18 PM

bener tuh jaman sekarang memang jadi fenomena penting kaula muda :-)

May 10, 2012 at 8:21 PM

@Fahmi: penting apa mi :p

May 10, 2012 at 9:10 PM

saya cuma mau bilang,
kalo pacaran itu sehat buat semua anggota tubuh :D

May 10, 2012 at 9:46 PM

Hmmm... Bagus buat memngingatkan semua
Tapi saya belum kepikiran buat pacaran padahal banyak yang ngajakin :D
Saya lebih memilih blog saya dari pada pacar.

May 10, 2012 at 11:45 PM

@fahmi munafik wkwkw,padahal dia pacaran
@naturalzine alhamdulilah iman saya masih kuat utk tidak pacaran dulu,lebih indah pacaran setelah nikah :D

May 11, 2012 at 12:36 AM

sobat @A-NX Blog: waduh, sehat buat seluruh anggota tubuh ya,, ye laaa yang sudah merasakan,,hahahaha

sobat @RzaaL 1306: banyak yang ngajakin, tapi gak serius kalee ya, atau takut ceweknya cemburu sama pacar+istri pertama (blog)..haahahaha

sobat @randy: nah loe fahmi, kena kepiting rebus dari randy,,,wakakakakakkaaka
partahankan sobat, pacaran sesudah nikah itu lebih nikmat dan lebih romantis, mau apa2in gak musti celingak celinguk kiri kanan macam kuceng gosong ,,,wakakakakakakaka :D

May 11, 2012 at 12:56 AM

hehe.. sy sih males bgt pacaran.. :D walau bnyk ngantri (haha muka ceper masa ngantri) .. :D coz kalo pacaran nambah maksiat aja.. :D

May 11, 2012 at 1:01 AM

sobat@USOFT : tampang itu nomor 89 bro, yang penting gentelman dan gak ALAY,,hahahahahahaha

benar sobat, kalau lagi berdua, maunya gimana gitu... (ane liat TV e, bukan pengalaman pribadi),, lol :D

May 11, 2012 at 4:33 AM

walaupun banyak kehancuran moral karena pacaran sobat, tetapi jika kita bisa saling menjaga satu sama lain dari psangan kita, hal tersebut bisa di cegah sobat...

May 11, 2012 at 4:51 AM

betul nih.. haha... suka bnget sm blognya, kayak koran online gitu deh :D

May 11, 2012 at 5:07 AM

sobat@Asis Sugianto: semoga seperti yang sobat ucapkan :D

@Echie:-DM: memang dari awal konsep saya seperti itu,,hehehehe

May 11, 2012 at 12:44 PM

ASTAGHFIRULLOHAL ADZIIM....
Bagi yang pacaran.... Waspadalaaah!!!
Bagi yang sudah tersadarkan....,BERTOBATLAAH!!!
^_^

May 11, 2012 at 2:36 PM

Nahh,,, betul gan,. pacaran itu udah banyak sekali merusak moral kita.. orang tua jaman sekarang uga salah..

May 11, 2012 at 2:38 PM

Sinetron juga jadi salah satu pemicu.. basmi sinetron

Allahuakbar

May 11, 2012 at 5:30 PM

pacaran itu gak boleh mendingan langsung nikah :D

May 11, 2012 at 7:26 PM

Sobat@BagiBagiBlog: waduh, uda macem bang napi ajalah,,hahahaha

Sobat@Asalasah: makanya gan, sangat dibutuhkan peranan orang tua dalam hal ini

Sobat@Oh Begitu: waduh,, malah berjihad pulak ni sobat,, sinetron gak perlu dibasmi sobat,, cuma yang sangat dibutuhkan adalah mimbingan orang tua terhadap anak :)

Sobat@Pangerankodok: pacaran sih boleh gan, atas bedasarkan norma-norma agama kalau dalam islam namanya ta'aruf atau perkenalan satu sama lain antara dua insan,, kalau pacaran sekarang sudah kebanyakan karena pengaruh budaya luar :D

May 12, 2012 at 12:11 AM

hhmmm ... subahanalloh ...
perhatian orang tua sangat dibutuhkan untuk menjaga anaknya agar tidak terjerumus dosa....

May 12, 2012 at 1:51 PM

. . ya liat^ dulu gaya pacaran nya itu kayak apa. tapi alhamdulillah,, walo pun aq pacaran tapi masih memegang teguh prinsip aq agar tidak melenceng ke arah yang gak bener. cz ntar yang rugi aq sendiri pluz menanggung malu lagi. he..86x . .

May 13, 2012 at 7:52 AM

maaf neh bro saya belum baca artikelnya, tapi segi desain bersih banget :)

Post a Comment

2012 ©Copyright and Modified by Naturalzine - Template by : Urangkurai

Viewed On Mozila Firefox 11.0 - Chrome and UPGRADE YOU BROWSER If You Want Read Posts