۝ ----- ۝
Whisky
cita rasa eksklusif tradisional
sensasi yang menyegarkan
Sumber : Wikipedia.org

W

iski atau whisky dari bahasa Gaelik Skotlandia, atau whiskey dari bahasa Irlandia, secara luas dikategorikan kepada minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing atau dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan, dan diperoleh hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu.

Jenis wiski yang dihasilkan bergantung jenis serealia yang dipakai sebagai bahan baku, yakni jelai, malt, gandum hitam, gandum, dan jagung. Catatan tertua tentang wiski berasal dari tahun 1405 di Irlandia, yang menceritakan wiski dibuat para biarawan. Hal tersebut juga sama dicatat di Skotlandia pada tahun 1496. Walaupun demikian, wiski diperkirakan sudah ada sekitar beberapa ratus tahun sebelumnya. Pada waktu itu, wiski dibuat di banyak tempat, dan tidak dicatat secara khusus. Akibatnya, tahun pertama kali wiski dibuat serta tempat asalnya tidak diketahui. Selain itu, ada kemungkinan berbagai kelompok orang yang tidak ada kaitannya satu sama lain, secara terpisah menemukan proses Ketel distilasi dan tong wiski skotch.

Sejarawan memperkirakan minuman keras hasil distilasi pertama kali dibuat antara abad ke-8 dan abad ke-9 di Timur Tengah. Teknik distilasi dibawa ke Irlandia dan Britania oleh biarawan Kristen. Menurut legenda yang populer, Santo Patrick memperkenalkan proses distilasi di Irlandia dan Britania. Proses distilasi mungkin ditemukan orang Irlandia, atau petani di Britania yang memanfaatkan sisa-sisa serealia sesudah panen.

7 comments

May 14, 2012 at 2:34 PM

Wau whisky tapi ane kagak tahu bang? :)

May 14, 2012 at 3:51 PM

sobat@The7Bloggers: hahahahaha,,gak apa-apa sobat :D

May 14, 2012 at 7:30 PM

seger nih whisky mas kalo untuk santai-santai (rilex). saya jadi rindu dengan jamaicaroom baca artikel ini hehe.. :D

May 15, 2012 at 4:27 AM

Hmm.... Ayas belon pernah Nyobain neh Sob!!!
Cuma tau namanya doang siy... sama kayak Vodca yach??
^_^

May 15, 2012 at 6:31 AM

sobat@Aryandhani: dimana tu sobat jamaicaroom ??

sobat@BagiBagiBlog sama sobat, belom pernah rasa juga,,haaahahahaha

May 15, 2012 at 11:19 AM

. . no comment aja dech. he..86x . .

May 17, 2012 at 9:26 AM

@Vpie: heheeheh :D

Post a Comment

2012 ©Copyright and Modified by Naturalzine - Template by : Urangkurai

Viewed On Mozila Firefox 11.0 - Chrome and UPGRADE YOU BROWSER If You Want Read Posts