Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti "jiwa" dan pathos yang berarti "penyakit". Pengidapnya juga sering disebut sebagai "sosiopat" karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya.

Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut orang gila tanpa gangguan mental. Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan.

Seorang ahli psikopati dunia yang menjadi guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada bernama Robert D. Hare telah melakukan penelitian psikopat sekitar 25 tahun. Ia berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Dalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa, dan koruptor. Namun, ini hanyalah 15-20 persen dari total psikopat. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan.

Psikopat memiliki 20 ciri-ciri umum. Namun ciri-ciri ini diharapkan tidak membuat orang-orang mudah mengecap seseorang psikopat karena diagnosis gejala ini membutuhkan pelatihan ketat dan hak menggunakan pedoman penilaian formal, lagipula dibutuhkan wawancara mendalam dan pengamatan-pengamatan lainnya. Mengecap seseorang dengan psikopat dengan sembarangan beresiko buruk, dan setidaknya membuat nama seseorang itu menjadi jelek.

Sumber lengkap : id.wikipedia.org

30 comments

July 14, 2012 at 10:39 PM

koruptor pun psikopat yah haha :p

July 14, 2012 at 11:03 PM

@miretahutempewaduh,, kalau koruptor kagak tau sobat,, mungkin karena penyakit kegatalan kalii yaaa..hahahhahaahahahhaa

July 14, 2012 at 11:26 PM

psikopat itu yang jelas dan pasti benar bukan kita semua.

July 14, 2012 at 11:27 PM

takut bro :D malem2 mbaca ini..

July 14, 2012 at 11:59 PM

Beuuh.. Beuuh... Gambarnya aja udah Serem tuh!!
Hmm... Psikopat, yang Ayas tau cuma diFilm-film Action dan Misteri gitu siy Sob!!
Rata-rata yang jadi Psikopatnya adalah Orang-orang Jahat dan Sadis tak berperasaan deh.
Aw.. Aw... Ngeri juga kalo ada orang kayak gitu Berkeliaran disekitar Kita!!
^_^

July 15, 2012 at 1:21 AM

jangan jangan -,-" yang punya blog ini psikopat. hehehe *pizz...

July 15, 2012 at 4:43 AM

wakakaka,, iya bener yang jelas bukan kita yang berada disini :D

July 15, 2012 at 7:28 AM

@Fahmi Setiawanjangan jangannnn???? weh weh.

July 15, 2012 at 9:26 AM

wh lama menghilang dengan alasn hanya mengundang pembaca tertentu. hehe emang lagi kmana sob? liburan ya..


hmm jadi baru tau saya kalo orang psikopat itu terkadang tingkahnya seperrti orang gila ya. haha namun terkontrol aja.
oke deh infonya :)

July 15, 2012 at 10:57 AM

@Madjongkebener sobat,, and di jauhkan dari bawaan itu,,hahahahahahha

July 15, 2012 at 10:58 AM

@Alam Perwiraudah kelanjur baca sob,, mubajir tu,,wkwkwkwkwkwkwkwk

July 15, 2012 at 11:00 AM

@Bagi Bagioserem ya sob ... hahahahahhaha.. lebih serem julia perez deh kayak nya,, LOL

jauh-jauh deh dari orang gitu, salah-salah jadi korban nya ntar,,hahahahaha

July 15, 2012 at 11:01 AM

@Ahmad Rizal Samsiya kagak lah..azzzzzz

gw kan stepen caw banget ,,lol

July 15, 2012 at 11:04 AM

@JadiGitulagi bertapa kemarin itu dan galau melanda renovasi blog,,hahahahahha

ya gitu deh sob dari infonya, kalau menginginkan sesuatu itu harus didapat dengan cara apapun yang penting membuat hatinya senang, sukur-sukur menguntungkan, tapi rata-rata merugikan orang lain tu (korban film juga gw) hahahahahahaha

July 15, 2012 at 11:05 AM

@Bang Dayatyaaa jangan ada disini lah sob,, bisa komat kamit ni gw,,hahahahahaha

July 15, 2012 at 12:39 PM

kirain dulu apa ini psikopat ternyata penyakit jiwa to hehehe baru tau

lirik kanan kiri..

jangan2 ada psikopat disekitar ane..

July 15, 2012 at 1:08 PM

Hehehe. Iya sob

July 15, 2012 at 1:47 PM

seperti itu yah.. jadi tahu nih mas saya maksud dari istilah penyakit satu ini :(

July 15, 2012 at 1:58 PM

@Rawazinebener sobat, itu penyakit jiwa,, kebanyakan tumbuh dari rasa trauma yang mendalam dan akut :D

July 15, 2012 at 2:10 PM

@Santai Sejenak | Secangkir Teh dan Sekerat Rotiwaspadalah..waspadalah (#pakek gaya bang napi) hahahahahaha

July 15, 2012 at 2:11 PM

@Majalah Masjid Kitabanyak tau banyak ilmu,, matep deh sobat :D

July 15, 2012 at 5:18 PM

. . hieeeeeeeeeeeeeeeeeeee,, aq takut kalo ma orang kayak gitu. huhh. oia nich lama vakum ternyata lagi otak-atik blog ya?!? makanya ada yg berubah. he.86x . .

July 15, 2012 at 6:20 PM

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥iya vie.. lagi ngutak-ngatik, jadi tambah hancur ni,,hahahahhaha

July 15, 2012 at 6:53 PM

@Naturalzinehuahahah kirain

July 15, 2012 at 9:29 PM

@Naturalzine hahah oh lagi galau toh . ckckc :D

July 16, 2012 at 12:08 AM

gambarnya ngeri mas bro..

July 16, 2012 at 11:59 AM

@Naturalzine
. . kata sapa hancur?!? makin bagus kok . .

August 21, 2012 at 1:26 AM

mampus.. baca ini malem2. sendirian lagi... gambarnya tuh loh,,, kalo gambanya yang dipajang koruptor kan masih mendig :D

November 26, 2012 at 10:42 AM

keren bgt gan tampilannya... cadas bgt..:D

Post a Comment

2012 ©Copyright and Modified by Naturalzine - Template by : Urangkurai

Viewed On Mozila Firefox 11.0 - Chrome and UPGRADE YOU BROWSER If You Want Read Posts